Mahasiswa UNDIP Sosialisasikan Program Creating Digital Service dalam Pelayanan Publik Melalui Quick Response Code

  • Aug 14, 2023
  • Desa Siwatu

Siwatu, Batang (07/08/2023) - Berdasarkan analisa dan survey Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023 kelurahan merupakan ujung tombak pelayanan pemerintah kepada masyarakat di wilayahnya. Pelayanan publik oleh Desa dapat dikatakan baik apabila dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses berbagai informasi yang mudah dipahami serta akurat.

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini, pemerintah harus terus berinovasi untuk mengikuti perkembangan arus teknologi. Maka dari itu munculah digitalisasi di bidang pemerintah atau yang biasa disebut dengan E-Government. Upaya ini dilakukan seluruh tingkatan pemerintah, tak terkecuali tingkat kelurahan. Oleh karenanya mengoptimalkan informasi pada website Kelurahan Pesalakan yang didalamnya terdapat pengelolaan pengaduan masyarakat serta program daftar pelayanan publik Desa Siwatu sesuai visi dan misi kelurahan menjadi hal yang penting agar masyarakat memiliki akses data informasi yang aktual hanya melalui Quick Response Code. Dalam rangka menunjang implementasi otonomi daerah dibutuhkan sistem informasi pendukung yang memungkinkan terlaksananya birokrasi yang efektif dan efisien. Proses yang dimaksud adalah proses yang menjamin terlaksananya Good Governance, sedangkan sistem informasi pendukungnya dikenal sebagai E-Government.

Seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi, website menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam menelusuri informasi. Dengan adanya website kelurahan yang memuat informasi lengkap terkait visi misi, kinerja dan agenda kegiatan kelurahan dapat mencapai tujuan kemudahan akses informasi bagi masyarakat. Apabila tujuan tersebut telah tercapai maka diharapkan hadirnya website Desa Siwatu dapat mencapai target secara optimal. Program optimalisasi website telah berjalan dengan baik berkat dukungan dari pihak kelurahan. Upaya ini dilakukan seluruh tingkatan pemerintah, tak terkecuali tingkat kelurahan. Oleh karenanya mengoptimalkan informasi pada website Desa Siwatu yang didalamnya terdapat pengelolaan pengaduan masyarakat serta program daftar pelayanan publik Desa Siwatu sesuai visi dan misi kelurahan menjadi hal yang penting agar masyarakat memiliki akses data informasi yang mumpuni dan aktual hanya melalui Quick Response Code. Keefektifan program dapat terlihat dari tercapainya data informasi di website yang bertujuan untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat. Dapat memudahkan pengunjung website untuk mengetahui jenis layanan serta syarat-syarat yang diperlukan untuk mengurus administrasi.