"Isi Piringku": Dari KKN Untuk Mendukung Pencegahan Stunting Desa Siwatu

  • Aug 14, 2023
  • Desa Siwatu

Desa Siwatu, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang (05/08/2023) Mahasiswa KKN Tim II Undip 2023 menjalankan program bertajuk "Isi Piringku". 

Program pencegahan stunting di Desa Siwatu telah terlaksana dengan baik. Terlebih kepala Desa SIwatu, Silfiana Ariani, Amd. Keb., memprioritaskan dana desa untuk kesehatan dan pendidikan desa. Salah satu program pencegahan stunting ialah PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk balita setiap bulannya saat pemeriksaan rutin. 

Pembagian PMT berisikan makanan bergizi seimbang atau sudah diatur porsinya. Oleh karena itu, adanya program "Isi Piringku" menjadi solusi dalam membagi makanan sesuai porsi gizi seimbang. 

 

Program ini dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2023 bertepatan dengan kumpul rutin kader posyandu Desa Siwatu yang sedang membahas keberlangsungan program untuk bulan selanjutnya. Mahasiswa menyiapkan prototype tempat makan bersekat yang disertai brosur panduan porsi makanan gizi seimbang untuk digunakan dalam program PMT. Para kader yang hadir beserta bidan Desa Siwatu, Ibu Dwi, turut tertarik dan setuju akan program ini. 

Selanjutnya, program ini dapat dimaksimalkan kembali oleh kader posyandu Desa Siwatu dan dapat rutin digunakan dalam program PMT. Penyerahan tempat makan bersekat sebagai prototype dapat bermanfaat untuk lebih mengenalkan porsi gizi seimbang dan membantu dalam program desa terutama PMT.